Selasa, 09 Januari 2018

PERMASALAHAN SOSIAL DALAM MASYARAKAT

     Masalah Sosial adalah hal yang dapat dikatakan paling sering terjadi di dalam masyarakat.Masalah sosial mengandung dua kata , yakni masalah dan sosial. Kata Sosial antara lain mengacu pada masyarakat , hubungan sosial , struktur sosial , dan organisasi sosial.Sementara itu , kata masalah mengacu pada kondisi , situasi atau perilaku yang tidak diinginkan ,bertentangan, tidak benar, dan sulit. 

      Masalah sosial yang biasa kita temui dikalangan masyarakat antara lain kemiskinan , kriminalitas ,kesenjangan sosial-ekonomi, dan ketidakadilan. Salah satu toko sosiologi yaitu Arnold M. Rose mengatakan bahwa masalah sosial sebagai suatu situasi yang telah memengaruhi sebagian besar masyarakat sehingga mereka percaya bahwa situasi itu adalah sebab dari kesulitan mereka dan situasi itu dapat diubah. 

   
                      ( https://amanda710.files.wordpress.com/2013/02/kemiskinan.jpg)

     Salah satu permasalahan sosial yang banyak dijumpai yaitu Kemiskinan. Kemiskinan timbul akibat adanya lembaga kemasyarakatan dibidang ekonomi yang tidak berfungsi dengan baik. Menurut Kuncoro , kemiskinan adalah ketidakmampuan untuk memenuhi standar hidup minimum. Secara Sosioekonomis kemiskinan ada dua bentuk , yaitu kemiskinan absolut dan relatif. 

      Kemiskinan absolut memiliki tingkat pendapatan dibawah garis kemungkinan atau jumlah pendapatannya tidak cukup memenuhi kebutuhan hidup minimun bagi orang miskin. Sementara , kemiskinan relatif dilihat berdasarkan perbandingan antara tingkat pendapatan dan tingkat pendapatan lainnya.Menurut Henry George , penyebab utama kemiskinan adalah kepemilikan pribadi dan monopoli individu atas tanah. 

      Kemiskinan juga dapat disebabkan oleh faktor pribadi , faktor geografis , faktor ekonomi , dan faktor sosial. Faktor utama yaitu faktor pribadi yang disebabkan akibat penyakit dan kemiskinan membentuk kemitraan yang saling berpengaruh , penyakit mental , pemborosan dan salah satunya adalah kemalasan pada diri seseorang. Faktor geogragfis salah satunya yang menyebabkan kemiskinan adalah iklim dan cuaca yang kurang baik , bencana alam , dan tidak adanya sumber daya alam yag memadai.

      Lalu , faktor ekonomi juga merupakan sebab dari kemiskinan seperti depresi ekonomi , sebab-sebab pertanian,dan penganguran adalah penyebab kemiskinan yang paling serius. Faktor sosial juga membuat kemiskinan semakin meningkat seperti sistem pendidikan yang kurang baik , perumahan yang tidak cukup ,dan salah mengelola rumah tangga. 

      Jumlah angka kemiskinan meningkat pada bulan maret 2017 yang mencapai 27.7 juta orang dibandingkan pada bulan september 2016. Hal ini disebabkan karena kenaikan total jumlah penduduk di indonesia. Dalam mengatasi hal tersebut presiden telah mengeluarkan Perpres no.166 tahun 2014 tentang percepatan penanggulan kemiskinan.

      Kegiatan ini antara lain dilakukan melalui bantuan sosial , pemberdayaan masyarakat ,pemberdayaan usaha ekonomi mikro dan kecil. Strategi dalam percepatan penanggulangan kemiskinan dilaksanakan dengan menetapkan perlindungan sosial , antara lain Program Simpanan Keluarga Sejahtera , Program Indonesia Pintar , dan Program Indonesia Sehat.

Tidak ada komentar:

KISAH KASIH DI JOGJA

Hari-hari yang indah telah aku lalui , dimana saat aku bersama sebuah keluarga yang sangat membuat aku nyaman untuk tinggal bersamanya. ...