Kamis, 27 Juli 2017

TEKS CERAMAH

Isi dan Struktur dalam Teks Ceramah


sumber : www.gubanesia.com


Hai para pembaca blog , saya kali ini akan menjelaskan tentang Teks Ceramah. Sebelumnya , saya ingin memberitahukan bahwa ceramah itu adalah penyampaian informasi secara lisan kepada khalayak. Sifat yang ada dalam informasi-informasi tersebut adalah memperluas wawasan dan menambah ilmu pengetahuan tetapi terkadang didalamnya terselip ajakan ataupun bujukan. Ceramah juga sering disamakan dengan pidato walaupun keduannya itu berbeda.Pidato itu lebih terfokus pada ajakan dan ceramah itu lebih terfokus pada penyampaian informasi tertentu.

Didalam teks ceramah memiliki pola penyajian dan  3 bagian-bagian utama yang saling terkait ,yaitu :

  • Pengendalian isu berupa deskripsi yang mengenai topik yang akan dibahas (gambaran permasalahan umum)
  • Rangakaian Argumen :

          -Uraian pendapat-pendapat
          -Fakta-fakta

  • Penegasan Kembali :


          -Simpulan
          -Rangkuman
          -Penguatan
          -Saran

Ceramah juga memiliki berbagai macam ciri , yaitu:
  • Ketrampilan berbahasa 1 arah.
  • Dilakukan dalam keperluan belajar mengajar klasikal.
  • Pembicara berdiri didepan orang banyak untuk menyampaikan materi sedangkan pendengar hanya menyimak saja.
  • Merupakan kegiatan pasif reseptif.

Sekian dari hasil penjelasan saya , semoga bermanfaat bagi para pembaca blog ini untuk mengetahui tentang teks ceramah .. ^,^


Tidak ada komentar:

KISAH KASIH DI JOGJA

Hari-hari yang indah telah aku lalui , dimana saat aku bersama sebuah keluarga yang sangat membuat aku nyaman untuk tinggal bersamanya. ...