Kamis, 27 Juli 2017

Apakah itu ketrampilan berbahasa dan Sastra ?

Halo semua para pembaca blog , kali ini saya akan menejelaskan tentang Ketrampilan Berbahasa. Saya baru sajah diajarkan oleh salah satu guru saya disekolah yaitu Guru Bahasa Indonesia , maka dari itu saya akan berbagi apa saja yang saya sudah dapatkan dan kalian juga dapat memahami materi ini.




Didalam ketrampilan membaca terdapat 4 jenis ketrampilan , yatu :
  • Mendengarkan (menyimak)
  • Berbicara
  • Membaca
  • Menulis
Saya akan membahas tentang bagian pertama yaitu mendengarkan(menyimak). Saya mendapatkan suatu hal yang ada didalam jenis itu , bahwa mendengarkan dan menyimak itu berbeda. Mengapa bisa berbeda? Hal itu dikarenakan bahwa ketika kita mendengarkan seseorang yang sedang berbicara kepada kita sudah pasti kita melihat dan mendengar perkataan orang tersebut akan tetapi kita tidak peduli penting atau tidaknya perkataan orang tersebut dan kita hanya mendengarnya saja.

Dan kalau begitu bagaimana dengan menyimak ? Menyimak itu dapat saya contohkan ketika guru yang sedang menjelaskan hal yang sangat penting kepada kita dan kita harus berada diposisi yang fokus , tenang , menyiapkan mental , jauh dari gangguan-gangguan , dan kita harus memahami isi dari penjelasan guru tersebut. Maka dari itu kita sudah tau dan dapat membedakan bahwa mendengarkan dan menyimak itu berbeda.

Selanjutnya , saya akan menjelaskan tentang apakah itu Sastra? 




Sastra adalah suatu karangan yang dibuat langsung oleh seseoarng dengan menggunakan bahasa yang indah pada karangan tersebut. Sastra dapat kita kategorikan antara lain seperti drama dan cerpen. Di dalam sastra juga mempunyai 2 unsur , yaitu  : 
  • Unsur Intrinsik
Unsur instrisik adalah unsur yang didalamnya terkandung suatu karya sastra. Unsur ini terdiri dari :
  1. Tema ,yaitu ide pokok dari cerita tersebut.
  2. Tokoh ,yaitu orang yang terlibat didalam cerita itu.
  3. Penokohan ,yaitu penentuan sifat atau watak dari tokok-tokoh yang ada cerita seperti protagonis , antagonis , tritagonis.
  4. Latar ,yaitu keterangan mengenai latar waktu , tempat , dan suasana.
  5. Sudut Pandang ,yaitu sudut pandang yang ada pada penulis cerita.
  6. Amanat ,yaitu pesan moral yang ada pada cerita secara tersirat maupun tersurat.
  • Unsur Ekstrinsik
Unsur Ekstrinsik adalah sebuah unsur yang berada di luar karya sastra dan dapat dijadikan suatu pembentuk karya sastra. Unsur ini terdiri dari :
  1. Latar belakang pengarang
  2. Kehidupan sosial

Sekian dari hasil penjelasan saya , saya harap bagi para pembaca blog ini juga dapat memahaminya ..^.^

Tidak ada komentar:

KISAH KASIH DI JOGJA

Hari-hari yang indah telah aku lalui , dimana saat aku bersama sebuah keluarga yang sangat membuat aku nyaman untuk tinggal bersamanya. ...