Senin, 18 September 2017

PERBEDAAN PROPOSAL PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUALITATIF

Sebelumnya apakah itu proposal ? ,Proposal adalah suatu data yang diberikan kepada seseorang yang berisi tentang program atau rencana suatu kegiatan yang disusun secara sistematis. Di dalam proposal memiliki 2 jenis , yaitu Proposal kegiatan dan proposal penelitian. 


         (https://hafasfurkani.blogspot.co.id/2017/02/contoh-proposal-penelitian-tentang.html)

Proposal penelitian memiliki dua jenis penelitian , yaitu Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Proposal Kualitatif adalah penelitian yang berisi tentang reset dan bersifat deskriptif dan cenderung memakai sebuah analisis .Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang digunakan untuk mengungkapkan gejala secara holistik-konstektual dengan melalui pengumpulan data.

Penelitian kualitatif dengan kuantitatif jelas berbeda. Berikut ini adalah perbedaan-perbedaan yang ada pada penelitian kualitatif dan kuantitatif (williams : 1998)  :


  1. Bersifat realitas, pendekatan kuantitatif selalu melihat realitas sebagai tunggal, konkrit, teramati, dan dapat difragmentasi. Dan pendekatan kualitatif dilihat dari realitas ganda (majemuk), hasil konstruksi dalam pandangan holistik. Maka , peneliti kuantitatif lebih spesifik, percaya langsung kepada objek generalis, meragukan dan mencari fenomena pada objek yang realitas.
  2. 2.      Interaksi antara peneliti dengan obyek penelitiannya, pendekatan kuantitatif dilihat sebagai independen, dualistik bahkan mekanistik. Pendekatan kualitatif melihat sebagai proses interaktif, dan tidak terpisahkan bahkan partisipasif.
  3. 3.      Posibilitas generalis, pendekatan kuantitatif terbebas dari ikatan yang konteks dan waktu, tetapi pendekatan kualitatif terikat dari ikatan konteks dan waktu.
  4. 4.      Posibilitas kausal, pendekatan kuantitatif selalu memisahkan antara sebab riil temporal simultan yang mendahuluinya sebelum akhirnya melahirkan akibat-akibatnya. Tetapi pendekatan kualitatif selalu memustahilkan usaha memisahkan sebab dengan akibat, degan secara simultan.
  5. 5.      Peranan nilai, pendekatan kuantitatif melihat segala sesuatu yang bebas nilai, objektif dan harus seperti apa adanya. dan juga Sebaliknya pendekatan kualitatif dilihat dari segala sesuatu yang tidak pernah bebas nilai, termasuk si peneliti yang subjektif.

Tidak ada komentar:

KISAH KASIH DI JOGJA

Hari-hari yang indah telah aku lalui , dimana saat aku bersama sebuah keluarga yang sangat membuat aku nyaman untuk tinggal bersamanya. ...