Senin, 28 Agustus 2017

RESEP KUE KERING KU

Halo para pembaca blog , kali ini saya akan membagi suatu resep yaitu resep kue kering. Bagi kalian yang merayakan idul fitri biasannya selalu membeli berbagai jenis kue kering. Kue tersebut dibuat dari beragam bahan.Kue kering dapat dibuat kapan saja dan dapat disajikan berminggu  atau berbulan-bulan kemudian karena  teksturnya kering. Sehingga tidak dapat mengundang kehadiran para jamur atau mikroba.



RAHASIA PEMBUATAN KUE KERING 

Untuk membuat sebuah kue kering yang enak tentunnya dipengaruhi juga beberapa faktor , seperti : 

  1. Margarin : Pilihlah yang berkualitas bagus , seperti yang titik lelehnya rendah karena jika titik lelehnya tinggi akan membuat kue kering jadi terasa ngendal di lidah.
  2. Gula : gula adalah salah satu bahan yang memberi rasa manis pada kue sekaligus warna maka dari itu kita harus harus menggunakan gula pasir , gula palem , atau gula tepung.
  3. Telur : telur ini adalah salah satu bahan pertama yang penting karena telur yang akan menetukan hasil jadi kue. Kue yang menggunakan putih telur akan menghasilkan kue yang keras sedangkan kue dengan kuning telur akan menghasilkan kue yang empuk.
  4. Tepung : tepung berfugsi untuk membuat kue kering yang renyah dan gunakanlah tepung terigu protein rendah.Maizena juga suka digunakan dalam pembuatan kue karena untuk menambah kerenyahan kue kering , tetapi hanya sebagai tambahan.
  5. Cara Mengadoni :hal ini harus diperhatikan karena jika kita salah pengocokan atau menaru beberapa bahan yang salah akan mengakibatkan kue tersebut gagal.
  6. Pembentukan kue kering : pembentukan biasannya ditentukan dengan jenis adonannya.
  7. Pengovenan : hal ini juga harus dilakukan dengan tepat , jika terlalu lama akan membuat kue tersebut keras dan jika terlalu sebentar pun akan membuat kue kurang matang.
TIPS MEMBUAT KUE KERING 

Disini saya akan memberikan cara yang  benar dalam pembuatan kue kering , yaitu : 
  1. Timbanglah dengan benar.Pengukuran dilakukan sejajar dengan bibir sendok jika menggunakan sendok untuk mengukur.
  2. Lihatlah cara pengadonan dengan benar
  3. Pengadukan kue kering seperti menyincang adonan.Jangan diaduk seperti mengaduk adonan cake agar kue kering tidak mengaret.
  4. Cara pembentukan adonan harus dilihat dengan jelas.Misal , ketika adonan dibuat untuk disendokan maka jangan membentuknya dengan cara dicetak.
  5. Pengovenan harus tepat.
  6. Tempatkan kue setelah dingin betul agar kue tidak cepat berjamur.
  7. Kue yang dihias glasur , sebaiknya glasur dikeraskan dengan cara dioven supaya kue tidak terlalu lama berada diudara terbuka.
  8. Kue yang dihias cokelat , jangan dibekukan didalam lemari es supaya kue tidak berembun dan membuat kue jadi melempem .
SALAH SATU CONTOH RESEP KUE KERING 

"Kue Keju Tabur Streusel"



BAHAN KUE :
150 gram margarin
1/4 sendok teh garam
100 gram gula tepung
30 gram selai kacang halus
20 gram kuning telur
200 gram tepung terigu protein rendah
25 gram maizena
25 gram susu bubuk
1/2 sendok teh baking powder
BAHAN HIASAN KUE :
10 gram cokelat keping putih


Cara Membuat Kue Semprit Kacang:
1. Kocok margarin, garam, gula tepung, dan pasta vanila 2 menit sampai lembut. Tambahkan selai kacang. Kocok rata. Masukkan kuning telur. Kocok rata.
2. Masukkan tepung terigu, maizena, susu bubuk, dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata. 
3. Semprot menggunakan spuit bunga di loyang yang dioles tipis margarin. Letakkan 1 cokelat keping ditengah
4. Oven dengan api bawah suhu 140 derajat celcius 35 menit sampai matang.

Sekian dari penjelasa saya tentang kue kering. Semoga bermanfaat bagi para ibu-ibu yang ingin membuat kue kering ^.^

Tidak ada komentar:

KISAH KASIH DI JOGJA

Hari-hari yang indah telah aku lalui , dimana saat aku bersama sebuah keluarga yang sangat membuat aku nyaman untuk tinggal bersamanya. ...